Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas X SMK Negeri 3 Pamekasan pada mata pelajaran PAI melalui metode pembelajaran Cooperative Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan penilaian kinerja siswa dalam kelompok. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus pertama, siswa mulai menunjukkan peningkatan dalam berkomunikasi dan bekerja sama dalam kelompok. Siklus kedua menunjukkan perkembangan lebih lanjut dalam pengambilan keputusan bersama dan tanggung jawab kolektif. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif untuk melihat perkembangan keterampilan kolaborasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Cooperative Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Kesimpulannya, penerapan metode Cooperative Learning dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas X SMK Negeri 3 Pamekasan pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menyarankan penerapan metode Cooperative Learning secara lebih luas untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa di berbagai mata pelajaran dan tingkat pendidikan.
Copyrights © 2024