Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam
Vol. 2 No. 1 (2024): At-Tarbiyah: Journal of Islamic Religious Research and Education

Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Linktree, Canva Dan Quizizz Pada Materi Zakat Di MA Darul Amin Palangka Raya

Rosalina, Devi (Unknown)
Sari, Selly Mayang (Unknown)
Arifi, Rozan Ziyan (Unknown)
Azis, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2024

Abstract

Penggunaan teknologi yang kurang optimal di sekolah dapat membuat siswa merasa pembelajaran menjadi monoton, sehingga siswa menjadi bosan. Namun hal tersebut dapat terjadi diantaranya karena banyak faktor seperti ketika guru kurang menguasai strategi untuk memberikan variasi metode belajar yang lebih menarik. Tujuan penelitian ini untuk menawarkan media pembelajaran yang lebih interaktif. Linktree, Canva dan Quizizz merupakan beberapa alternatif media yang bisa digunakan untuk membantu memperkaya proses belajar, dengan menggunakan media yang interaktif  siswa menjadi lebih mudah memahami konsep materi sehingga siswa termotivasi untuk belajar dan membuat belajar menjadi lebih bermakna. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan dan Semmel. Subjek penelitian ini ialah 19 siswa kelas X MA Darul Amin Palangka Raya. Didasarkan hasil validasi ahli media dan materi dengan nilai >80% kategori sangat valid tanpa revisi, hasil penilaian guru mata pelajaran fikih dengan nilai >98% kategori sangat layak, serta hasil penyebaran media kepada siswa diperoleh hasil dengan nilai >90% kategori yang sangat layak. Artinya produk media pembelajaran dapat dikatakan berhasil dan efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

at

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal At-Tarbiyah diterbitkan satu kali setahun pada bulan Oktober. Isinya berupa tulisan ilmiah tentang penelitian Dosen dan Mahasiswa, Pendidikan Agama Islam, Ilmu Keislaman yang berupa pemahaman konseptual, tinjauan pustaka, tulisan praktik, atau hasil penelitian dari berbagai sudut ...