Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam
Vol. 2 No. 1 (2024): At-Tarbiyah: Journal of Islamic Religious Research and Education

Literasi Membaca Sebagai Optimalisasi Publik Speaking Santri Pondok Pesantren Miftahul Qulub

Yanto, Masti (Unknown)
Laily Amsa, Nuzulul Hikmatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2024

Abstract

Literasi membaca, sebagai fondasi pengetahuan dan pemahaman, dihipotesiskan memiliki kontribusi signifikan terhadap kemampuan santri dalam menyampaikan ide secara efektif dan persuasif di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran literasi membaca dalam mengoptimalkan kemampuan public speaking santri di Pondok Pesantren Miftahul Qulub. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen terkait program literasi dan kegiatan public speaking di pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri yang memiliki tingkat literasi membaca yang baik cenderung lebih percaya diri dan artikulatif dalam presentasi publik. Selain itu, kemampuan kritis dan analitis yang berkembang melalui kegiatan membaca juga memperkaya konten dan struktur pidato mereka. Studi ini menyimpulkan bahwa peningkatan literasi membaca dapat menjadi strategi efektif untuk mengembangkan keterampilan public speaking santri, yang pada akhirnya dapat mendukung pengembangan pribadi dan akademik mereka secara holistik. Rekomendasi diberikan kepada pengelola pesantren untuk meningkatkan program literasi sebagai bagian integral dari kurikulum pendidikan pesantren.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

at

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal At-Tarbiyah diterbitkan satu kali setahun pada bulan Oktober. Isinya berupa tulisan ilmiah tentang penelitian Dosen dan Mahasiswa, Pendidikan Agama Islam, Ilmu Keislaman yang berupa pemahaman konseptual, tinjauan pustaka, tulisan praktik, atau hasil penelitian dari berbagai sudut ...