Literasi membaca, sebagai fondasi pengetahuan dan pemahaman, dihipotesiskan memiliki kontribusi signifikan terhadap kemampuan santri dalam menyampaikan ide secara efektif dan persuasif di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran literasi membaca dalam mengoptimalkan kemampuan public speaking santri di Pondok Pesantren Miftahul Qulub. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen terkait program literasi dan kegiatan public speaking di pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri yang memiliki tingkat literasi membaca yang baik cenderung lebih percaya diri dan artikulatif dalam presentasi publik. Selain itu, kemampuan kritis dan analitis yang berkembang melalui kegiatan membaca juga memperkaya konten dan struktur pidato mereka. Studi ini menyimpulkan bahwa peningkatan literasi membaca dapat menjadi strategi efektif untuk mengembangkan keterampilan public speaking santri, yang pada akhirnya dapat mendukung pengembangan pribadi dan akademik mereka secara holistik. Rekomendasi diberikan kepada pengelola pesantren untuk meningkatkan program literasi sebagai bagian integral dari kurikulum pendidikan pesantren.
Copyrights © 2024