Tuhenori: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 2 No. 4 (2024): Desember 2024

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Hilimegai Tahun Pelajaran 2022/2023

Ndruru, Trisnawati (Unknown)
Waruwu, Toroziduhu (Unknown)
Zega, Novelina Andriani (Unknown)
Telaumbanua, Desman (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII-MIPA pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Hilimegai melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Model ini dirancang untuk meningkatkan keaktifan siswa, kolaborasi kelompok, dan motivasi belajar dengan melibatkan kompetisi berbasis kelompok yang sehat. Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus pertama, rata-rata hasil observasi proses pembelajaran mencapai 59,03%, dengan keterlibatan siswa sebesar 61,46%, dan rata-rata nilai hasil belajar 69,55 (di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal). Setelah perbaikan pada siklus kedua, terjadi peningkatan signifikan dengan skor observasi mencapai 80,56%, keterlibatan siswa 85,42%, dan rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 82,05 dengan tingkat ketuntasan 81,82%. Penerapan TGT tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, tetapi juga menumbuhkan rasa kebersamaan, keterampilan sosial, dan penghargaan terhadap perbedaan individu. Dengan demikian, TGT terbukti menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini juga menunjukkan pentingnya kolaborasi antara guru dan peneliti dalam mengoptimalkan proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tuhenori

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Tuhenori: Jurnal Ilmiah Multidisiplin sebuah publikasi akademis yang memuat hasil penelitian dan kajian dari berbagai disiplin ilmu. Sebagai jurnal akses terbuka dan ditelaah oleh sejawat (peer-reviewed), kami bertekad untuk memajukan batas pengetahuan melalui diseminasi penelitian yang teliti, ...