JURNAL INOVASI EDUKASI
Vol. 5 No. 2 (2022): JURNAL INOVASI EDUKASI

Metakognisi Mahasiswa Dengan Gaya Belajar Reflektif Terhadap Pemecahan Masalah Dalam Perkuliahan Matematika Diskrit

Agung Tralisno (Unknown)
Rarri Bian Ryandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penulisan artikel penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan metakognisi mahasiswa dengan gaya belajar reflektif dalam menyelesaikan pemecahan masalah matematika serta manganalisis kesulitan-kesulitan yang dialami siswa gaya reflektif dalam menyelesaikan pemecahan matematika pada matakuliah matematika diskrit. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa dengan gaya belajar reflektif semester 5 yang sedang mengontrak matakuliah matematika diskrit. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes persamaan gambar, lembar soal pemecahan masalah matematika, dan rekaman wawancara secara langsung dengan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa dengan gaya belajar reflektif telah memenuhi tiap-tiap indikator pengetahuan metakognisi pada pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil penyelesaian soal pemecahan masalah dan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dengan gaya belajar reflektif cenderung memiliki kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan pembelajaran yang terstruktur dan terbatas. Mereka lebih memilih pembelajaran yang mandiri dan fleksibel, dan terkadang merasa terhambat oleh pembelajaran yang terlalu terstruktur dan dibatasi oleh aturan tertentu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIE

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INOVASI EDUKASI Merupakan Jurnal Ilmiah yang memiliki fokus bidang Pendidikan sebagai wadah bagi peneliti untuk menuangkan hasil penelitiannya secara konseptual. terbit dua kali dalam setahun yakni bulan Februari dan ...