Dalam kemajuan IPTEK kinerja sepeda motor dalam bentuk daya dan torsi yang memadai sangat dibutuhkan sehingga fleksibilitas yang baik dalam manufer, megubah pick-up sensor merupakan cara yang paling mudah dan efektif untuk menaikkan kinerja mesin bagaimana pengaruh waktu pengapian terhadap performa, konsumsi bahan bakar,dan emisi gas buang pada sepeda motor Megapro 212cc jika waktu pengapian dimajukan 1 derajat dan 2 derajat. Tujuan untuk mengetahui waktu pengapian terbaik Daya dan Torsi, SFC dan Emisi gas buang yang optimal. Hasil Uji Torsi terbaik magnet standar 150 menghasilkan torsi 9.25 N.m, magnet 160 menghasilkan torsi 9.41 N.m naik sebesar 2%, magnet 170 menghasilkan torsi 10.46 N.m naik sebesar 13% dari magnet standar. Uji Daya magnet standar 150 menghasilkan daya 1.04 Hp,uji magnet 160 menghasilkan daya 1.16 Hp naik 12%, uji magnet 170 menghasilkan daya 1.39 Hp naik 34% dari magnet standar. Uji SFC magnet standar 150 sebesar 1.93 Kg/Kwh, magnet 160 menghasilkan SFC 1.82 Kg/Kwh turun 6%, magnet 170 menghasilkan SFC 1.32 Kg/Kwh naik 32% dari magnet standar. Uji Emisi gas buang nilai terendah CO magnet standar 150 di 2000 Rpm sebesar 5.58%. Hydrocarbon magnet 160 di 2000 Rpm sebesar 9229 ppm. Karbondioksida magnet 170 di 2000 Rpm sebesar 3.39%. O2 magnet standar 150 di 2000 Rpm sebesar 12.68%. Lambda magnet 160 di 2000 Rpm sebesar 0.715. AFR h magnet 160 di 2000 Rpm sebesar 10.51. Kesimpulan bahwa memajukan waktu pengapian sangat berpengaruh terhadap peningkatan terhadap performa mesin, SFC dan Emisi gas buang. Kata kunci : waktu pengapian, Performa,SFC, Emisi gas buang
Copyrights © 2024