Jurnal Pendidikan & Pengajaran
Vol. 3 No. 1 (2025): Januari 2025

Etika Penggunaan Media Sosial Perspektif Al-Quran dan Implementasinya dalam Pembelajaran PAI di Kelas IX MTs Al-Falahiyah Pandan Arum Lumajang

Maghfiroh, Eva (Unknown)
Parino (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2025

Abstract

Manusia adalah mahluk sosial yang membutuhkan manusia lain dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, maka dari itu membutuhkan komunikasi agar tetap bisa menjalin hubungan dengan sesamanya. Proses komunikasi pun juga bisa dilakukan dengan menggunakan peran media yang ada untuk memudahkan lancarnya komunikasi. Seiring berkembangnya teknologi, maka perkembangan media pun juga semakin canggih. Salah satunya adalah keberadaan media sosial. Dalam era digital ini, perkembangan media sosial pun sudah mulai berkemabang pesat, bahkan sudah masuk dalam kehidupan di zaman sekarang utamanya dalam dunia pendidikan yang juga mengandalkan sosial media sebagai sarana serta menunjang kegiatan pembelajaran yang tidak bisa di lakukan secara offline(tatap muka). Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) etika komunikasi dalam menggunakan media sosial ini meliputi etika komunikasi dalam konteks waktu, isi pesan, dan komunikan; (2) jenis media sosial yang digunakan adalah WhatsApp dan Youtube. Kata Kunci : Etika Penggunaan Media Sosial, Perspektif Al-Qur’an.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JUPE2

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan & Pengajaran (JUPE2) publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood, primary, and secondary education Language Education Mathematics and science education Guidance and counseling education ...