Intizar
Vol 30 No 2 (2024): Intizar

Integrasi Ilmu dalam Pemikiran Pendidikan Islam: Perspektif Ismail Raji Al- Faruqi dan Yusuf Qardhawi

Abd. Salam (Unknown)
Aji Wahyudin (Unknown)
Erfan Nawawi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

pengetahuan di negara-negara Islam serta menawarkan konsep integrasi ilmu sebagai solusi untuk membangun peradaban Islam yang maju dan relevan di era modern. Dengan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif, penelitian ini mengkaji pemikiran Ismail Raji al-Faruqi dan Yusuf Qardhawi mengenai integrasi ilmu agama dan sains dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi ilmu dapat mengatasi dikotomi ilmu dan menjawab tantangan pendidikan Islam modern. Pemikiran al-Faruqi mengenai Islamisasi ilmu dan pandangan Qardhawi tentang pentingnya harmoni antara ilmu agama dan sains memberikan dasar yang kuat untuk membangun generasi Muslim yang berkompeten di bidang sains, teknologi, dan spiritualitas Islam. Implementasi integrasi ilmu dapat menghasilkan inovasi yang berpijak pada prinsip tauhid dan menciptakan generasi yang mampu berperan aktif dalam kemajuan peradaban global.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

intizar

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities

Description

Intizar Journal (ISSN: 1412-1697) and (E-ISSN: 2477-3816) is a peer-reviewed journal which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang publishes biannually in June dan December. This journal publishes current concept and ...