Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia
Vol. 3 No. 2 (2024): September

ASPEK RELIGIUSITAS, KEPUASAN PELAYANAN, DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH

Aziz, Abdul (Unknown)
Apriana, Agung (Unknown)
Juhadi, Juhadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya loyalitas pelanggan dapat mengindikasikan keberhasilan sebuah perusahaan, Demikian halnya dengan bank syariah. Dalam perbankan syariah, pelanggan yang loyal akan selalu menggunakan produk bank syariah dan tidak akan berpindah ke bank konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan religiusitas, kepuasan pelayanan, dan pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah bank syariah. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Didapatkan hasil penelitian bahwa religiusitas seseorang dan kualitas layanan bank syariah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitasnya sebagai nasabah di bank syariah. Religiusitas yang tinggi dapat membuat seseorang menjadi loyal terhadap sesuatu yang berlabel sesuai agamanya. Sementara kualitas pelayanan dapat meningkatkan daya saing sebuah perusahaan dalam hal menarik loyalitas pelanggan, terutama perusahaan jasa seperti perbankan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JESI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI), published by Study Program of Sharia Economics STEI Al-Amar Subang, West Java, Indonesia. The subject covers textual and fieldwork studies with various perspectives of Islamic economics, Islamic public finance, Islamic finance, Islamic accounting, Islamic ...