Mekanisme penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan (diklat) memegang peranan penting dalam pengembangan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi mekanisme penyelenggaraan diklat melalui metode penelitian library research. Library research digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyintesis data dari berbagai sumber literatur seperti buku, jurnal ilmiah, dokumen resmi, serta laporan terkait.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan penyelenggaraan diklat sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti perencanaan kurikulum yang relevan, kompetensi fasilitator, ketersediaan sarana dan prasarana, serta mekanisme evaluasi yang efektif. Selain itu, implementasi teknologi digital dalam proses pembelajaran juga menjadi komponen penting dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas diklat. Studi ini memberikan rekomendasi bahwa penyelenggara diklat perlu mengadopsi pendekatan berbasis kebutuhan peserta (needs-based approach) dan memperhatikan aspek keberlanjutan dalam penyelenggaraan program.Dengan demikian, penelitian ini memberikan landasan teoretis untuk pengembangan mekanisme diklat yang lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat dan dunia kerja.
Copyrights © 2024