Keterampilan menulis salah satu keterampilan yang paling sukar dilakukan. Diperlukan suatu perubahan guna menstimulus siswa agar tertarik menulis. Animasi diharap dapat menjadi solusi dalam mempermudah rangsangan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menentukan kebutuhan terhadap produk bahan ajar menulis eksplanasi berbasis kontekstual dengan menggunakan animasi dengan memanfaatkan web animaker, 2) mendesain model bahan ajar menulis eksplanasi berbasis kontekstual dengan menggunakan animasi web animaker, 3) mengimplementasikan bahan ajar menulis eksplanasi berbasis kontekstual dengan menggunakan animasi web animaker, 4) menganalisis hasil validasi ahli dan uji kelayakan bahan ajar menulis eksplanasi berbasis kontekstual dengan menggunakan animasi web animaker. Metode penelitian menggunakan R&D. Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data selama di lapangan dan menganlisisnya secara kuantitatif maupun kualitatif. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Hasil pengembangan bahan ajar menggunakan animasi dapat meningkatkan nilai siswa dan minat siswa, ditujukkan berdasarkan hasil uji kelayakan bahan ajar mendapat rata-rata 3,8 dengan presentase 95% berkategori “Sangat Layak” dan skor rata-rata dari ahli media 3,76 atau presentase 94% dalam kategori “Sangat Layak”. Hasil umpan balik Guru Bahasa Indonesia di MA Annajah Petukang Jakarta Selatan diperoleh rata-rata 3,6 dengan presentase 90% dengan demikian dapat dikategorikan “Sangat Layak”. Uji coba skala kecil kepada 38 siswa memperoleh rata-rata 3,89 dan presentase 97,4%. Dengan demikian berdasarkan skala likert 3,21 sampai 4 dapat dikategorikan “Sangat Layak”.
Copyrights © 2025