Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
2024: SPECIAL EDITION: LALONGET V

Penerapan Metode Story Prompt dalam Mengasah Keterampilan Menulis Teks Cerpen Ekologi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Pamekasan

Diningrum, Sahwa Desvita (Unknown)
Alatas, Mochamad Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Metode story prompt adalah pembelajaran dengan rangsangan berupa gambar yang dijadikan sebagai langkah awal untuk mendapatkan sebuah ide saat menulis cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran dengan menggunakan metode story prompt. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah deskripsi dan interpretasi data kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat empat tahapan proses pembelajaran, penyajian story prompt, penyajian story prompt, pembuatan kerangka, dan penulisan cerita. Penggunakan metode story prompt dengan lima gambar bertema “Kesadaran Lingkungan” dapat mengasah keterampilan menulis teks cerpen ekologi siswa. Hasil pembelajaran dengan menggunakan metode story prompt menunjukkan bahwa penerapan metode tersebut efektif dalam mengasah keterampilan menulis teks cerpen ekologi siswa. Tidak hanya itu, metode story prompt juga berhasil memadukan kegiatan mengasah keterampilan menulis dengan peningkatan kesadaran lingkungan dalam bentuk karya tulis berupa cerita

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...