EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 4 No. 3 (2024)

IMPLEMENTASI PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA PADA KEGIATAN KERJA KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP N 3 TARUTUNG

SITOMPUL, SERINA ANGELA (Unknown)
SIAGIAN, BESLINA AFRIANI (Unknown)
SIMAREMARE, JUNI AGUS (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

This research aims to describe the principles of language politeness in group work activities in Indonesian language learning for class VII students at SMP N 3 Tarutung. The type of research used in this research is descriptive qualitative. This research describes the implementation and violations, compliance with the principles of language politiness that are applied in interactions between students during group work activities. Then, describethe factors that cause students language politiness violations. The data collection techniquesin this research used proficient free involved listening techniques, observation techniques, note-taking techniques, and recording techniques. The result of the research show that the implementation of principles of language politeness in group work activities is opening lesson, explaining the material, diving into groups, discussing with each group, then presenting and closing the lesson. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip kesantunan berbahasa dalam kegiatan kerja kelompok dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP N 3 Tarutung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan implementasi serta pelanggaran dan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yang diterapkan dalam interaksi antara siswa selama kegiatan kerja kelompok berlangsung. Kemudian, mendeskripsikan bagaimana faktor-faktor penyebab pelanggaran kesantunan berbahasa siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak bebas libat cakap, teknik observasi, teknik catat, dan teknik rekam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi prinsip kesantunan berbahasa pada kegiatan kerja kelompok yaitu pembukaan pembelajaran, penjelasan materi, pembagian kelompok, diskusi dengan kelompok masing-masing, kemudian presentasi dan penutup pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...