Perkembangan teknologi Virtual Reality (VR) telah membawa inovasi signifikan dalam dunia pendidikan, terutama dalam mendukung model pembelajaran hybrid. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teknologi VR sebagai suplemen pembelajaran di SMK 9 Makassar, khususnya pada siswa jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan. Melalui penggunaan VR siswa dapat mengalami simulasi interaktif yang realistis, seperti praktik keselamatan pelayaran dan simulasi kapal yang sulit dilakukan di dunia nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan VR meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi praktik yang kompleks, memotivasi siswa untuk lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran, dan menawarkan fleksibilitas dalam pengulangan simulasi tanpa keterbatasan waktu dan alat. Meskipun demikian, tantangan dalam hal infrastruktur dan pelatihan guru masih menjadi hambatan dalam optimalisasi penggunaan VR. Dengan investasi yang lebih lanjut dalam pengadaan perangkat dan pelatihan guru, implementasi VR berpotensi besar dalam memperkaya model pembelajaran hybrid dan meningkatkan kualitas pendidikan di SMK 9 Makassar
Copyrights © 2024