Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 6 (2024): Vol. 5 No. 6 Tahun 2024

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DAN KEBIJAKAN YANG MENDUKUNG SIKAP MANDIRI

Fajrillah Fajrillah (Universitas IBBI)
Jam’an Amadi (Universitas IBB)
May Handri (Universitas IBB)
Shamir Hasyim Syarif (Universitas IBB)
Juliani Juliani (Universitas IBB)
Jufri Antoni (Universitas Prima Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Kompetensi guru memiliki peran kritis dalam membentuk kemandirian siswa, namun masih terdapat kesenjangan signifikan dalam implementasi strategi pedagogis yang mendorong kemandirian. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru melalui pendekatan komprehensif yang meliputi pendidikan masyarakat, difusi ipteks, pelatihan, mediasi, dan advokasi. Metode dilaksanakan melalui serangkaian intervensi yang mencakup penyuluhan, workshop, demonstrasi praktik mengajar, dan pendampingan berkelanjutan. Kegiatan melibatkan 35 guru dari yayasan pergurain IRA dengan menggunakan instrumen penilaian kompetensi pra dan pasca intervensi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan kompetensi guru, dengan rata-rata peningkatan 40,2% pada aspek pemahaman konsep kemandirian, perancangan RPP, implementasi strategi pembelajaran, dan evaluasi kemandirian siswa. Selain itu, dihasilkan kerangka kebijakan pendukung yang komprehensif untuk pengembangan profesionalisme guru. Kesimpulan menunjukkan bahwa intervensi sistemik dapat efektif mentransformasi kompetensi pedagogis guru dalam mendorong kemandirian siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...