Kompetensi guru memiliki peran kritis dalam membentuk kemandirian siswa, namun masih terdapat kesenjangan signifikan dalam implementasi strategi pedagogis yang mendorong kemandirian. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru melalui pendekatan komprehensif yang meliputi pendidikan masyarakat, difusi ipteks, pelatihan, mediasi, dan advokasi. Metode dilaksanakan melalui serangkaian intervensi yang mencakup penyuluhan, workshop, demonstrasi praktik mengajar, dan pendampingan berkelanjutan. Kegiatan melibatkan 35 guru dari yayasan pergurain IRA dengan menggunakan instrumen penilaian kompetensi pra dan pasca intervensi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan kompetensi guru, dengan rata-rata peningkatan 40,2% pada aspek pemahaman konsep kemandirian, perancangan RPP, implementasi strategi pembelajaran, dan evaluasi kemandirian siswa. Selain itu, dihasilkan kerangka kebijakan pendukung yang komprehensif untuk pengembangan profesionalisme guru. Kesimpulan menunjukkan bahwa intervensi sistemik dapat efektif mentransformasi kompetensi pedagogis guru dalam mendorong kemandirian siswa.
Copyrights © 2024