Abstrak: Problem Based Learning adalah pendekatan pembelajaran yang dimana siswa belajar aktif terlibat dalam memecahkan masalah , Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Dengan menggunakan pendekatan tindakan kelas, Penelitian ini dilaksanakan tanggal 30 sampai 30 Agustus 2024 di kelas X semester ganjil (1). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui kegiatan lesson kuantitaif dengan pendekatann tindakan melalui kegiatan lesson studyd dan melibatkan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan guru yang telah menerapkan Problem Base Learning (PBL) dalam konteks pembelajaran mereka. Melalui analisi data, penelitian ini mengungkapkan berbagai kesulitan yang dihadapi oleh para guru, termasuk tantangan dalam merancang sekenario pemebelajaran yang autentik, kebutuhan akan sumber daya yang memadai, serta kendala dalam mengelola dinamika kelas yang kompleks. Hasil penelitian meningkatkan kemampuan belajar siswa pada saat pembelajarn berlangsung melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas XI, dan ini juga memberikan pemahaman yang mendalam tentang hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru dalam mengadopsi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sehingga solusi dan cara-caranya lebih dikembangkan.
Copyrights © 2025