Mahasiswi belum memaksimalkan potensi keberadaan dosen asing untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab dan Ilmu syariah. Belum diketahui sejauh mana peran dosen asing dalam meningkatkan keunggulan kompetitif. Selain itu, belum jelasnya strategi dalam meningkatkan keunggulan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi lembaga dalam meningkatkan keunggulan kompetitif melalui peran dosen asing, pertimbangan strategi lembaga, fungsi dan peran dosen asing, metode pelaksanaan peran dosen asing, dukungan dan hambatan yang dihadapi, serta cara memperkuat dukungan dan mengatasi hambatan tersebut. Menggunakan metode penelitian kualitatif, studi ini mengumpulkan data melalui observasi, studi dokumentasi, dan wawancara mendalam dengan dosen asing, kepala bagian akademik, dan staff. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dosen asing sebagai sumber daya unik yang memberikan keunggulan kompetitif melalui teori Keunggulan Sumber Daya dan Kapabilitas (Resource-Based View). Dosen asing juga melaksanakan fungsi dan peran yang mendukung keunggulan kompetitif. Meskipun kontribusi dalam penelitian dan publikasi tergolong rendah. Sehingga perlu adanya dukungan baik dari sisi aturan maupun materi.
Copyrights © 2024