Jurnal Darma Agung
Vol 32 No 6 (2024): DESEMBER

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KEDUDUKAN WARGA NEGARA

Pardede, Dewi Lestari (Unknown)
Pardede, Lukman (Unknown)
Siahaan, Monalisa (Unknown)
Alexander, Irving Josafat (Unknown)
Sirait, Gloria (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning/PBL) terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn, khususnya pada materi Persamaan Kedudukan Warga Negara. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX di SMP Swasta Eka Prasetya Medan, yang dibagi menjadi dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan PBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest untuk menilai hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki peningkatan signifikan dalam hasil belajar dibandingkan kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 41,9 dan meningkat menjadi 80,3 pada posttest. Sebaliknya, kelas kontrol meningkat dari 40,1 menjadi 64,7. Penerapan PBL terbukti lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Persamaan Kedudukan Warga Negara dibandingkan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PBL dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran PKn.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnaluda

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Social Sciences

Description

Journal Focus of the Darma Agung Journal is multidisciplinary research to the lecturers, students and related institutions, especially in Indonesia which leads to an increasing in Indonesian Human Development Index. The scope includes collection of the results of research, studies or community ...