Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah program Kurikulum Merdeka yang dirancang untuk membentuk karakter siswa melalui pengembangan nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan tematik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif untuk mengukur efektivitas P5 dalam membentuk karakter siswa di SMP Negeri 39 Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan siswa terhadap pelaksanaan P5 cukup tinggi, dengan 48,5% merasa puas dan 51,5% sangat puas. Pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila terlihat positif, dengan presentase sebesar 84,2% siswa menyatakan setuju dan 16,8% sangat setuju bahwa program ini berkontribusi dalam membantu para siswa menginternalisasikan nilai-nilai tersebut. Implikasi dari penelitian ini adalah hasil survei dapat menjadi bahan evaluasi bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas program, terutama dengan memperkuat peran guru dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila secara lebih mendalam dan berkelanjutan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024