Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan
Vol. 6 No. 2 (2024): Oktober

Korelasi antara Self-Awareness dengan Prestasi Belajar Remaja Usia 14-15 Tahun

Fatmasari, Fatmasari (Unknown)
Ahmadi, Anas (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan antara self-awareness dengan prestasi belajar remaja usia 14–15 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan angket, observasi, dan tes tertulis. Angket digunakan untuk mengumpulkan data kondisi self-awareness. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data aktivitas belajar. Sementara itu, tes tertulis digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar. Subjek dalam penelitian adalah 30 peserta didik kelas IX-D SMPN 12 Surabaya. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa self-awareness, dengan kelima aspeknya, berkorelasi secara signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik kelas IX-D SMP Negeri 12 Surabaya pada materi paragraf teks deskripsi secara holistik: (1) aspek menyadari emosi diri dan memahami kelebihan serta kekurangan diri berpengaruh terhadap prestasi belajar pada aspek kognitif; (2) aspek kemampuan reflektif dan pembentukan identitas diri yang terbuka berpengaruh terhadap prestasi belajar pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik; serta (3) aspek kepercayaan diri berpengaruh terhadap prestasi belajar pada aspek afektif dan psikomotorik. Kata kunci: self-awareness, prestasi belajar, remaja usia 14–15

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kopula

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan adalah suatu jurnal terbit dua kali setahun (Maret dan Oktober) yang dipublikasikan oleh Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Mataram. Kopula pertama diterbitkan pada tahun 2019 sebagai wadah untuk mempublikasi hasil ...