Menulis merupakan kegiatan partisipatif aktif yang melibatkan berbagai proses untuk mengolah pesan agar dapat dipahami atau diterima oleh pembaca. Melalui Canva, dapat diketahui bentuk kreatif siswa dalam mengemas materi dalam bentuk poster. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan model Project Based Learning dalam pembelajaran pembuatan poster oleh siswa kelas VIII SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami cara penggunaan, keunggulan, serta implikasi media Canva terhadap penerapan Project Based Learning untuk mengetahui keunggulan Canva sebagai media pembelajaran poster siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Canva memiliki kontribusi yang baik dalam pembelajaran menulis poster. Pada penelitian keunggulan Canva sebagai media pembelajaran poster siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Surabaya diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,56 dan nilai sebelum menggunakan Canva sebesar 70,16. Evaluasi ini merupakan kualifikasi yang baik dan merupakan peningkatan dibandingkan produksi poster sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan 25 siswa, 7 diantaranya berada pada kategori sangat baik 6 orang mendapat kategori “baik”. Sedangkan 11 siswa mendapat kategori “cukup baik” dan 1 siswa mendapat kategori “kurang”. Oleh karena itu, keunggulan Canva sebagai media pembelajaran memberikan dampak positif dan efektif terhadap penggunaan Canva oleh siswa saat membuat poster
Copyrights © 2024