Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Vol 7 No 1 (2024): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)

Pengembangan Math Adventure sebagai Media Pembelajaran Materi Sudut untuk Penanaman Nilai Pancasila dan Kebudayaan Indonesia

Nurlailiya, Triana (Unknown)
Zuhri, Muhammad Syaifudin (Unknown)
Rodliyah, Iesyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sering dianggap sulit dan membosankan oleh peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan pemahaman mata pelajaran matematika pada materi sudut melalui math advanture dan dapat menanamkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Game math advanture yang dikembangkan dapat dimainkan dengan mudah oleh peserta didik maupun guru. Selain itu, math advanture membangun semangat peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu tahap pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), dan Penyebaran (Desseminate). Tahap define menghasilkan informasi terkait kondisi pembelajaran matematika, tahap design menghasilkan desain math adventure, tahap pengembangan menghasilkan produk math adventure dan tahap disseminate menghasilkan penilaian media pembelajaran oleh ahli materi (Dosen Matematika) dan ahli media (Dosen Teknik Informatika) sebelum diuji coba dan diperoleh skor rata-rata 86,25% dengan kategori valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang valid tidak hanya dapat menjadi media yang bisa meningkatkan kemampuan matematika siswa, tetapi juga dapat menjadi langkah untuk mengenalkan nilai kebudayaan Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Other

Description

Indonesian Journal of Educational Science (IJES) is a journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) of West Sulawesi University which will publish articles of research related to Role of technology in education, application of psychological concepts to education, importance ...