Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 2 (2024): Oktober

Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Cerita Bergambar Berbasis Video Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III

YR, Sthevaniocy (Unknown)
Usman, Hikmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring peserta didik melalui media cerita bergambar berbasis video pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III UPT SPF SDN Percontohan PAM. Metode penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK), yang berjumlah 25 peserta didik tahun ajaran 2024/2025. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes membaca nyaring, observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan observasi aktivitas peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata tes membaca nyaring peserta didik pada Siklus 1 yaitu 60 kategori cukup dengan persentase belajar klasikal 32%, keterlaksanaan pembelajaran Siklus 1 rata-rata 72% dengan kategori baik, dan pada aktivitas peserta didik rata-rata 75% dengan kategori baik. Dan pada Siklus 2 nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik dari hasil tes membaca nyaring yaitu 80 kategori sangat baik dengan persentase 88%, keterlaksanaan pembelajaran pada Siklus 2 rata-rata 94% dengan kategori sangat baik, dan pada aktivitas peserta didik rata-rata 88% dengan kategori sangat baik. Dilihat dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan membaca nyaring peserta didik melalui media cerita bergambar berbasis video pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III UPT SPF SDN Percontohan PAM dimana peningkatan yang terjadi dari Siklus 1 ke Siklus 2 yaitu sebesar 20%. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian dimana Siklus 1 diperoleh hasil belajar peserta didik sebesar 60% dan Siklus 2 diperoleh hasil belajar sebesar 80%

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...