Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 1 (2024): Juli

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V

Hafid, Abdul (Unknown)
Djafar, Muha Idris (Unknown)
Kurniawan, Muh. Nuzul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran TGT terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres 6/75 Kading Kabupaten Bone. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Inpres 6/75 Kading dengan sampel sebanyak 21. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran TGT. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata pretest 36.43 dan ratarata posttest 77,62. Berdasarkan hasil analisis uji normalitas menunjukkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal, dan hasil uji homogenitas menunjukkan data pretest dan posttest homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran TGT. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa di kelas V SD Inpres 6/75 Kading Kabupaten Bone

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...