Penelitian ini dilaksanakan karena kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Dasar-dasar Ketenagalisrikan Kelas 10 di SMK Negeri 1 Cerme masih berpusat pada guru dan media dalam penerapan kurikulum merdeka yang dipergunakan belum optimal, yakni meningkatnya motivasi belajar. Oleh karena itu, diperlukan sarana pembelajaran yang dapat mendukung murid menjadi lebih aktif dan mandiri serta meningkatkan motivasi mereka untuk belajar. Tujuannya untuk menganalisis akuratitas, kepraktisan, dan efektivitas e-LKPD berbasis PjBL dalam meningkatkan motivasi belajar murid Kelas 10 Jurusan TITL SMK Negeri 1 Cerme. Metode yang dipergunakan pada penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mempergunakan model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian ini yaitu kelas 10 TITL 3 dengan sampel 35 murid. Teknik pengumpulan data mempergunakan lembar validasi, angket respon, angket motivasi, tes formatif, dan observasi untuk mengetahui meningkatnya motivasi belajar. Analisis hasil validasi media pembelajaran didapatkan rerata 86,6% dengan kriteria sangat akurat. Tingkat kepraktisan media pembelajaran memperoleh nilai rerata 62.46. Aspek Efektifitas ditinjau dari motivasi belajar diperoleh hasil uji normalitas dengan taraf signifikansi pada nilai pretes sebesar 0,101 dan taraf signifikansi pada nilai posttest yaitu 0,058 dengan demikian, taraf signifikansi yang diperoleh lebih dari 0,05. Data dinyatakan berdistribusi normal. Sedangkan hasil pada uji-t diperoleh nilai signifikansi perbedaan nilai pretes dan posttest senilai 0,000. Nilai signifikansi kurang dari 0,05, maka ditolak dan diterima. Hasil uji N-Gain pada motivasi belajar sebesar 0.6385 sehingga digolongankan sebagai peningkatan dengan golongan cukup. Dengan itu, disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis PjBL dinilai layak dipergunakan sebagai media pembelajaran pada materi alat tangan dan alat kerja kelistrikan.
Copyrights © 2025