Abstrak pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengamati Pemanfaatan aplikasi game online kahoot! sebagai media pembelajaran dalam fisika. Kahoot merupakan salah satu media pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Kahoot juga diterapkan terhadap hasil belajar siswa. Populasi Jenis penelitian yang digunakan ini dalam pengamatan ini adalah penelitian eksperimen dengan metode kuasi eksperimen. Dalam pembelajaran fisika yang sering kita temui biasanya pembelajaran yang ada monoton dan tidak menggugah minat siswa. Hal tersebut dikarenakan media yang digunakan kurang menarik minat siswa. Oleh karena itu, kami mengambil game kahoot sebagai media pembelajaran dalam fisika. Apalagi dalam era teknologi yang sangat maju pesat sekarang ini dan pembelajaran di sekolah yang sudah menggunakan gadget. Dengan hal ini biasanya peserta didik lebih tertarik dengan sebuah game yang berisi tentang edukasi seperti ini. Hasil penelitian berupa pemaparan dari beberapa sumber yang dugunakan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan aplikasi kahoot sebagai metode pembelajaran yang efisien. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi game online kahood menjadi salah satu solusi alternatif dalam metode pembelajaran, yang sesuai dengan generasi Z yang melatih kreatifitas dalam penggunaan aplikasi. Kata kunci: Kahoot!, Fisika, game.
Copyrights © 2022