Generasi muda memasuki era dimana arus informasi digital ada dalam setiap kehidupan, penyebaran berita-berita keagamaan yang ekstrim di media berdampak pada pemahaman generasi muda dalam beragama, gen Z sebagai generasi muda yang dalam keseharianya sudah dilingkupi teknologi dengan segala kelebihannya belum bisa memilah informasi dan cenderung mengesampingkan nilai moral dan etika dalam menyebarkan informasi, dalam sosial mereka juga terkesan individualis dan ambisius, hal ini berdampak pada keberagamaan mereka dalam kehidupan keseharian. Penelitian ini akan menjelaskan mengenai bagaimana keberagamaan gen Z ditengah kemajuan arus informasi digital. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dan dalam pengumpulan data memakai metode literatur atau studi pustaka. Dalam penelitian ini membahas mengenai bagaimana keberagamaan gen Z dalam melaksanakan kehidupan beragama di tengah arus informasi. Penelitian ini berimplikasi pada pemahaman mengenai keberagamaan, penguatan dan upaya dalam meningkatkan kesadaran beragama gen Z di tengah arus informasi. Dari penelitian ini tersimpulkan bahwa keberagamaan gen Z sebagai pemuda yang berada pada perkembanagn teknologi belum mencapai pemahaman yang baik atas kesadaran beragama, gen Z termasuk generasi yang individualis dan susah dalam bersosialisasi, mereka lebih menganggap persoalan agama sebagai formalitas belaka. berbagai upaya perlu dilakukan seperti penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam pendidikan yang dilakukan oleh guru, peningkatan keterlibatan generasi muda dalam beberapa program nasional yang inovatif, pemerataan gerakan moderasi di kampus maupun sekolah. Tentu dari upaya tesebut harus didasari dengan penguatan hubungan individu kepada Tuhan, menciptakan lingkungan yang baik, pentingnya bijak dalam berteknologi dan kecerdasan spiritual sebagai dorongan agar lebih bermakna dalam beragama
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024