Peningkatan performa mesin otomotif beriringan dengan generasi industri 5.0 berproyeksi kepada pencarian solusi untuk meminimalisir emisi gas buang dan meningkatkan efisiensi kerja mesin dan bahan bakar. Alternatif yaitu penggunaan Water Methanol Injection (WMI) yang menginjeksikan campuran air dan methanol kedalam ruang bakar dalam intake manifold. Tujuan mengetahui pengaruh WMI terhadap emisi gas buang dan temperature pada intake manifold dengan fungsi alat menghilangkan knocking atau detonasi pada ruang bakar kompresi tinggi. Metode penelitian berjenis penelitian eksperimen kuantitatif dengan menganalisis emisi gas buang dan temperature di dalam intake manifold dengan komposisi methanol 30%, 20% dan 10%. Objek penelitian Diesel Engine 4JBI-TC 2,771 cc. Hasil yang diperoleh, WMI pada konsentrasi yang berbeda memiliki dampak yang bervariasi terhadap emisi CO, CO2, HC, NOx dalam mengoptimalkan efisiensi dan kinerja mesin pada RPM yang berbeda serta mengendalikan emisi dalam aplikasi mesin dan mengoptimalkan efisiensi pembakaran.
Copyrights © 2024