Penting untuk memahami bahwa IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) merupakan indikator utama dalam mengevaluasi prestasi akademik mahasiswa. Dalam konteks mahasiswa PAUD, keterlibatan dalam kegiatan organisasi bisa menjadi salah satu faktor yang memengaruhi pencapaian IPK mereka atau malah sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam kepada 8 informan yang telah dipilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Parepare Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang berpartisipasi dalam organisasi mahasiswa mempunyai dampak positif terhadap prestasi akademik mahasiswa. IPK mahasiswa setelah bergabung dengan organisasi menunjukkan peningkatan nilai. Selain itu, partisipasi aktif dalam organisasi juga meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan kepedulian, serta membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif. Hal ini terlihat dari keaktifan siswa dalam kelas, yang menunjukkan bahwa partisipasi dalam organisasi mempengaruhi perilaku dan kemampuan siswa secara signifikan.
Copyrights © 2024