Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan perbedaan kemampuan presentasi siswa kelas IV SDN 3 Pejaten setelah penggunaan model Project Based Learning(PjBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 3 Pejaten, sedangkan populasinya merupakan siswa kelas V yang berjumlah 13 orang. Hasil penelitian siklus I menyatakan bahwa 40% siswa masih belum memenuhi ketuntasan klasikal, sedangkan 60% siswa sudah memenuhi ketuntasan klasikal yang telah ditentukan. Hasil siklus II diperoleh data bahwa 5% siswa masih belum memenuhi ketuntasan klasikal, sedangkan 95% siswa sudah memenuhi ketuntasan klasikal yang telah ditentukan. Berdasarkan peningkatan kemampuan presentasi siswa maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan presentasi siswa kelas IV SDN 3 Pejaten
Copyrights © 2024