Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan video dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi mengenal tokoh dalam cerita Timun Emas di kelas IV SD Negeri 5 Senganan. Penelitian dilakukan di kelas IV SD Negeri 5 Senganan yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Data hasi belajar siswa diperoleh dengan memberikan tes (evaluasi) berupa uraian materi mengenal tokoh dalam cerita Timun Emas. Hasil penelitian dianalisis menggunakan tehnik analisis deskritif dan persentase. Berdasarkan hasil observasi, kemampuan analisis siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yakni dari 68,33 % pada siklus I menjadi 83 % pada siklus II. Selain itu, hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan, dari 67 % pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan video dapat meningkatkan kemampuan analisis tokoh dalam cerita Timun Emas
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024