Minat belajar merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang kurang inovatif dapat berdampak negatif terhadap minat belajar siswa. Ketika metode pembelajaran cenderung monoton, pasif, atau kurang beragam, hal ini sering membuat siswa kehilangan minat untuk mengikuti proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inovatif (MPI) yaitu dengan model Problem Bassed Learning (PBL) berbantuan permainan tradisional alih-alihan tampul. Data minat belajar diperoleh dengan menggunakan kuisioner minat belajar. Data minat belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dalam kualifikasi tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan permainan alihalihan tampul berhasil mendorong minat belajar siswa kelas III SD Negeri 2 Pakisan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024