Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 3 (2024): Edisi Khusus Desember 2024 SULUH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERBANTUAN CANVA DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SD NEGERI TITAB

Widyantari, Luh Desy (Unknown)
Karmini, Ni Nyoman (Unknown)
Raka, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan media kartu kata berbantuan Canva dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 1 di SD Negeri Titab. Dalam penelitian ini, digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui pre-test, post-test, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil pre- test menunjukkan bahwa pemahaman awal siswa terhadap materi masih rendah. Namun, setelah penggunaan media kartu kata berbantuan Canva, terjadi peningkatan signifikan pada hasil post-test, dengan rata-rata pencapaian siswa mencapai 80,15% yang memenuhi kriteria keberhasilan. Observasi menunjukkan adanya peningkatan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, sementara hasil angket menunjukkan respons positif siswa terhadap media pembelajaran ini. Analisis statistik menunjukkan nilai tHitung (5,97) lebih besar daripada tTabel (1,729), yang berarti terdapat pengaruh positif penggunaan media kartu kata terhadap hasil belajar siswa. Media kartu kata berbantuan Canva terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman, keterampilan membaca, dan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...