Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 3 (2024): Edisi Khusus Desember 2024 SULUH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN METODE DISKUSI INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI UNSUR INTRINSIK CERPEN KELAS 6 SDN 1 PANGKUNG KARUNG

Tistari, Ni Komang Sri Wahyu (Unknown)
Karmini, Ni Nyoman (Unknown)
Raka, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan metode diskusi interaktif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 6 di SDN 1 Pangkung Karung, khususnya pada materi hubungan antar unsur intrinsik cerpen. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan, dengan subjek penelitian sebanyak 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa, yang tercermin dari persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 56% (10 siswa) dan meningkat menjadi 94% (17 siswa) pada siklus II. Penerapan model PBL yang dipadukan dengan metode diskusi interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, karena dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang sebelumnya abstrak menjadi lebih nyata dan mudah dipahami. Penelitian ini menyarankan agar guru lebih sering melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan berbagai metode yang dapat mendorong partisipasi aktif dan meningkatkan pemahaman konsep. Selain itu, perencanaan yang matang dan pemilihan topik yang tepat sangat penting untuk mencapai hasil belajar yang optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...