Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis narasi melalui penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) yang dikombinasikan dengan media gambar seri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas III SD Negeri 2 Buwit dan dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa dalam menulis narasi setelah penerapan PBL. Indikator keberhasilan tindakan yang ditetapkan adalah rata-rata hasil belajar (=65,00), dan KKTP (=85,00%). Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia, dengan rata-rata 59,57 pada Pra Siklus, 64,57 pada Siklus I, dan 74,13 pada Siklus II; ketuntasan belajar siswa dengan pencapaian 43,48% pada Pra Siklus, 73,91% pada Siklus I, dan 95,65% pada Siklus II. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan dalam generalisasi hasil karena hanya melibatkan satu kelas. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dengan melibatkan sampel yang lebih besar dan berbagai tingkat kelas.
Copyrights © 2024