Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan imajinasi dan keterampilan menulis siswa melalui bermain kartu huruf pada anak kelas 1 SD Negeri Celukan Bawang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data di kumpulkan dengan cara observasi dan dokumentasi, serta di analisis secara presentase untuk mengambil kesimpulan dari penelitian ini, peningkatan yang terlihat signifikan pada aspek kemampuan mengenal pola huruf dalam kategori sangat baik dan baik dengan persentase yaitu 80,00%, selanjutnya pada aspek kemampuan menulis huruf sesuai pola garis terjadi peningkatan dengan persentase 93.33%, selanjutnya pada aspek membaca suku kata huruf dari pra tindakan hingga siklus I terjadi peningkatan dengan persentase 66,67%. Selanjutnya peningkatan dari pra siklus menuju siklus I juga terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada aspek kemampuan menulis suku kata terjadi peningkatan dengan persentase 80,00% untuk kategori sangat baik dan baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai ketuntasan keterampilan menulis dan imajinasi anak meningkat secara signifikan. pada akhir siklus menunjukkan presentase hasil belajar sebesar (86,67%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Bermain Kartu Huruf dapat meningkatkan keterampilan dan imajinasi siswa pada anak kelas 1 SD Negeri Celukan Bawang.
Copyrights © 2024