Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat tunggal pada siswa kelas III SD Negeri 1 Kaba Kaba melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan kartu. Model PBL ini dipilih karena kemampuannya dalam mendorong siswa untuk belajar melalui pemecahan masalah nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, serta meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Partisipan yang terlibat berjumlah 29 orang siswa kelas 3 SD Negeri 1 Kaba Kaba. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes, rubrik, dan lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan kategori yang mendapatkan nilai ? 70 dikategorikan tuntas, dan yang mendapatkan < 70 dikategorikan tidak tuntas. Hasil penelitian siklus I menyatakan bahwa 55% siswa sudah memenuhi ketuntasan klasikal yang telah ditentukan. Hasil siklus II, 95% siswa sudah memenuhi ketuntasan klasikan yang telah ditentukan. Berdasarkan peningkatan hasil keterampilan menulis kalimat tunggal siswa dari siklus I ke siklus II maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based learning berbantuan kartu dapat meningkatkan kemampuan keterampilan menulis kalimat tunggal siswa kelas III SDN 1 Kaba Kaba.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024