Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menentukan ide pokok dan ide pendukung siswa kelas IV SDN 2 Belalang, khususnya dalam mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif, melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Canva. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas V yang menghadapi kesulitan dalam memahami teks informatif, terutama dalam mengenali ide pokok dan ide pendukung. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan membaca siswa, terutama dalam mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Canva. Pada tes sebelum tindakan, rata-rata nilai siswa adalah 65, dan meningkat menjadi 83 setelah tindakan. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Canva efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa dalam mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
Copyrights © 2024