Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 3 (2024): Edisi Khusus Desember 2024 SULUH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 5 DI SD NEGERI 2 JEGU

Ratnadi, Ni Wayan (Unknown)
Karmini, Ni Nyoman (Unknown)
Raka, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Sebuah Penggunaan model pembelajaran yang tepat adalah hal yang penting dalam Pendidikan, yang terkadang dikesampingkan ataupun dilupakan. Hal inilah yang terkadang membuat Para Praktisi Pendidikan terkesan hanya ingin sekedar mengajar tanpa mempertimbangkan apakah pembelajaran tersebut efektif atau tidak dalam meningkatkan hasil belajar siswa dikemudian hari. Inilah juga yang terkadang mendasari tidak tercapainya amanah konstitusi terlebih lagi pada masa disrupsi teknologi yang sedang terjadi saat ini. Efektivitas media video sebagai fasilitas untuk media pembelajaran seharusnya dapat mampu membantu meningkatkan k hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya. Metode penelitian yang di aplikasikan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapam model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video mampu meningkatkan Hasil Belajar siswa yang diuji pada siswa SD Negeri 2 Jegu dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penggunaan media video.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...