Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 3 (2024): Edisi Khusus Desember 2024 SULUH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD

Yustisio, Kadek Panji (Unknown)
Karmini, Ni Nyoman (Unknown)
Raka, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Ularan melalui penerapan model Problem Based Learning. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas oleh Kemmis dan Taggart meliputi empat tahap yaitu: 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Partisipan dalam studi ini ialah 30 siswa kelas V SD Negeri Ularan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes tertulis dilakukan untuk mengukur kemampuan pemahaman siswa mengenai materi pelajaran yang diberikan. Teknik analisis data menggunakan Rumus KB=T/Tt x 100. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I nilai rata-rata= 60% dan ketuntasan belajar 60% dan pada siklus II nilai rata-rata= 78% dan ketuntasan belajar 96%. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri Ularan. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran agar pembelajaran dikelas makin berkembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...