Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 3 (2024): Edisi Khusus Desember 2024 SULUH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR KELAS 1 DI SD NO. 6 KUTA

Ariawan, I Kadek Wira (Unknown)
Karmini, Ni Nyoman (Unknown)
Raka, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD No. 6 Kuta dengan menggunakan media gambar. Melalui metode penelitian tindakan kelas yang melibatkan 30 siswa, penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan media gambar secara signifikan meningkatkan keterampilan membaca permulaan, dengan peningkatan ketuntasan klasikal dari 76,66% di siklus pertama menjadi 100% di siklus kedua. Media gambar terbukti efektif dalam memotivasi siswa untuk aktif berpartisipasi dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...