Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program TAPANULI (Cerita Panggung Literasi) berbasis dongeng di SD No. 2 Werdi Bhuwana dalam upaya untuk meningkatkan minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi pendekatan literasi berbasis dongeng dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum program dilaksanakan, minat baca siswa rendah. Namun, setelah program diterapkan, terjadi peningkatan dalam pemahaman siswa terhadap materi bacaan, terutama dalam hal mendengarkan, merangkai cerita, dan menceritakan kembali hasil bacaannya. Sebanyak 80% siswa terlibat aktif, menunjukkan antusiasme yang lebih tinggi terhadap kegiatan literasi. Program ini dinilai efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa, dengan rekomendasi agar kegiatan literasi diadakan secara berkala dengan variasi cerita yang lebih menarik.
Copyrights © 2024