Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa diantara isu global yang berimplikasi terhadap pendidikan adalah isu revolusi industri 4.0 sebagai fenomena abad 21, era digitalisasi akibat revolusi industri 4.0 yang telah memasuki sendi-sendi kehidupan, sehingga eksistensi setiap orang perlu terus beradaptasi agar terciptanya efektivitas dan efisiensi kinerja. Dalam lingkungan makro, dunia telah memasuki era disrupsi. Yaitu disrupsi pada tatanan sosial yang disebabkan oleh kemajuan teknologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa isu global pendidikan yang saat ini masih sering diperbincangkan adalah dampak revolusi industri 4.0, era disrupsi dan kurikulum abad 21 yang sangat berimplikasi terhadap dunia pendidikan. Rumusan yang paling penting agar manusia mampu bersaing di tingkat global adalah proses pendidikan harus berorientasi pada pemenuhan keseimbangan antara pengetahuan, keterampilan, karakter dan metakognisi, keempat orientasi tersebut juga harus terus ditingkatkan dalam proses pembelajaran baik formal, nonformal, maupun informal. This research is motivated by the fact that among global issues that have implications for education are the issue of the industrial revolution 4.0 as a 21st century phenomenon, the era of digitalization due to the industrial revolution 4.0 which has entered the joints of life, so that the existence of everyone needs to continue to adapt in order to create effectiveness and efficiency of performance. . In the macro environment, the world has entered an era of disruption. Namely disruption in the social order caused by technological advances. This type of research is library research. The results of this study show that the global issue of education that is currently still often discussed is the impact of the industrial revolution 4.0, the era of disruption and the 21st century curriculum which has very implications for the world of education. The most important formulation so that humans are able to compete at a global level is that the educational process must be oriented towards fulfilling the balance between knowledge, skills, character and metacognition, the four orientations must also continue to be improved in the learning process, both formal, non-formal, and informal.
Copyrights © 2024