Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai-nilai Dwi Pramuka Siaga dalam menanamkan karakter Islami di Kutai Timur. Dalam konteks pendidikan, pembentukan karakter Islami melalui kegiatan Pramuka menjadi sarana penting yang mendukung perkembangan moral dan spiritual siswa. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi bagaimana penerapan nilai-nilai Dwi Satya dapat membantu pembentukan karakter Islami serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi. Melalui metode pengumpulan data yang komprehensif meliputi wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, penelitian mengungkap bahwa implementasi nilai-nilai Dwi Satya merupakan ruang dialektika antara struktur normatif kepramukaan, praktik pedagogis, dan konteks sosio-kultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas internalisasi nilai bergantung pada kemampuan menciptakan ekosistem pendidikan yang responsif, inklusif, dan mampu mentransendensikan batas-batas formal pendidikan. Signifikansi penelitian terletak pada kontribusinya dalam mengembangkan model pendidikan karakter yang integratif, yang mampu menjawab kompleksitas pembentukan kepribadian anak usia dini di era kontemporer.
Copyrights © 2024