Perkembangan sosial sendiri adalah pergerakan perilaku anak di mana anak diharapkan menyesuaikan diri dengan aturan yang berlaku dalam lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian tentang faktor-faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan sosial anak adalah untuk mengidentifikasi dan memahami berbagai faktor yang berkontribusi terhadap kemampuan anak dalam berinteraksi dengan orang lain. Penelitian ini menggunakan systematic literature riview (SLR) dengan mengumpulkan data melalui pencarian literatur di berbagai jurnal melalui database seperti google scholar sebanyak lima belas artikel yang dikutip pada tahun 2014-2024 berada di Indonesia. Anak yang dapat melewati hari di sekolah sesuai dengan tingkat perkembangannya dapat dikategorikan memiliki keterampilan sosial yang cukup berkembang. Kesimpulan yang dapat kita ambil adalah bahwa perkembangan keterampilan sosial anak dipengaruhi oleh banyak faktor yang saling berkaitan, antara lain lingkungan rumah, interaksi dengan teman dan keluarga, pengalaman belajar di sekolah, dan pengaruh media sosial. Saran yang diberikan adalah perlunya pendidikan dan perhatian yang lebih baik dari keluarga, serta lingkungan yang mendukung bagi perkembangan sosial anak.
Copyrights © 2024