Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan komik sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Di era digital, pentingnya minat baca dalam pendidikan semakin ditekankan, sehingga pemanfaatan media yang menarik dan relevan sangat diperlukan. Komik, yang menggabungkan teks dan gambar, dapat menarik perhatian siswa dan memudahkan pemahaman materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus dan menilai dampak penggunaan komik terhadap minat baca siswa yang diikuti keterampilan membaca dan pemahaman. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan komik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik meningkatkan minat baca dan pemahaman materi siswa. Komik memberikan gambaran visual yang jelas, membantu siswa memahami konsep abstrak, dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Selain itu, pembelajaran dengan komik mendorong partisipasi aktif dalam diskusi kelas, meningkatkan keterampilan berbicara dan berpikir kritis.Temuan ini diharapkan memberikan pandangan berharga bagi pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif, sekaligus membangun minat baca siswa di sekolah dasar.
Copyrights © 2024