Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan peserta didik kelas 2 di SD Inpres 3 Birobuli melalui penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah video pembelajaran dan game edukatif Wordwall. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan serta meningkatkan partisipasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas 2 SD. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner untuk mengukur motivasi dan keaktifan siswa sebelum dan setelah penerapan media pembelajaran interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam motivasi dan keaktifan siswa setelah penerapan media berbasis teknologi. Pada siklus kedua, keaktifan siswa meningkat sebesar 35%, sementara motivasi belajar siswa meningkat sebesar 40%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran dan Wordwall sebagai media interaktif mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menyarankan agar guru menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi secara rutin untuk menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan interaktif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024