Pentingnya konsep bilangan bulat harus ditanamkan kepada peserta didik dari dasar agar tingkatan lanjutan akan lebih memudahkan peserta didik memahami konsep bilangan bulat. Materi bilangan bulat saling berkaitan dengan materi matematika lainnya yang lebih kompleks. Penelitian ini membahas mengenai hambatan belajar peserta didik yang ditemukan ketika dihadapkan pada persoalan bilangan bulat yang bertujuan untuk menyelidiki kesulitan peserta didik dalam memahami konsep dasar bilangan bulat. Pendekatan penelitian menggunakan mix method dengan instrumen penelitian berupa soal test dan wawancara. Pada penelitian melibatkan peserta didik kelas VI SDN 16/III Pondok Siguang. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik mengalami hambatan dalam konsep berpikir ketika menyelesaikan soal bilangan bulat yang memuat keikutsertaan tanda positif atau negatif sebelum bilangan. Sehingga munculnya jawaban-jawaban yang tidak benar berdasarkan dugaan peserta didik. Hambatan belajar peserta didik juga ditemukan pada soal yang terdapat tanda berulang atau dua tanda positif atau negatif berulangan pada soal bilangan bulat. Selain itu, ketika dihadapkan pada konteks yang berbeda, peserta didik kesulitan untuk menyelesaikan soal pemecahan masalah, terjadinya kesalahan konsep, serta keliru dalam menafsirkan soal atau memahami soal. Oleh karena itu, diharapkan penelitian lanjutan mengenai desain pembelajaran yang sesuai agar konsep bilangan bulat dapat dipahami oleh peserta didik dengan jelas.
Copyrights © 2024