Abstrak. Penelitian eksperimental ini bertujuan untuk membandingkan dua strategi pembelajaran terhadap hasil belajar keterampilan pukulan smah pada permainan bulutangkis. Strategi pembelajaran terdiri dari tugas dan bermain. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan persepsi kinestetik terhadap hasil belajar keterampilan pukulan smash pada permainan bulutangkis. Kemampuan persepsi kinestetik terdiri dari tinggi dan rendah. Penelitian ini dilakukan di Gedung Bulutangkis, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar. Metode eksperimen menggunakan desain treatment by level 2x2. Sampel terdiri dari 40 mahasiswa dibagi menjadi empat kelompok, masing-masing terdiri dari 10 mahasiswa. Teknik analisis data adalah dua-arah analisis varians ( ANOVA ) dan dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = .05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Hasil belajar keterampilan pukulan smash pada permainan bulutangkis strategi pembelajaran tugas lebih baik dibandingkan strategi pembelajaran bermain. (2). Ada interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan persepsi kinestetik terhadap hasil belajar keterampilan pukulan smash pada permainan bulutangkis. (3). Kemampuan persepsi kinestetik tinggi, strategi pembelajaran tugas lebih baik dibandingkan strategi pembelajaran bermain. (4). Kemampuan persepsi kinestetik rendah, tidak ada perbedaan antara strategi pembelajaran bermain dengan strategi pembelajaran tugas. Kata Kunci: keterampilan, pukulan smash, permainan bulutangkis, strategi pembelajaran, persepsi kinestetik.
Copyrights © 2024