Kurikulum tidak hanya menciptakan peserta didik yang pintar dalam segi pengetahuannya saja, melainkan juga sikap spiritualitas yang tinggi pula. Oleh karena, hal tersebut maka implementasi kurikulum berbasis religious culture ini sangat diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengimplementasian kurikulum berbasis religious culture di MIN 1 Malang, jenis penelitian ini adalah kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, pengalaman saat menjadi mahasiswa PKL di MIN 1 Malang dan dilengkapi dengan literatur kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum berbasis religious culture di MIN 1 Malang sangat baik, mereka tidak hanya menerapkan secara teori akan tetapi mempraktekkan secara langsung di dalam sekolah, seperti menerapkan sholat dhuha sebelum masuk kelas, membaca do’a, program tahfizul Qur’an, menerapkan 3S (salam, senyum, sapa) dan tidak hanya itu pendidik juga menghubungkan berbagai mata pelajaran dengan keagamaan yang dapat menanamkan pribadi mahasiswa menjadi peserta didik yang memiliki karakter spiritual yang tinggi dan berpegang teguh prinsip agama.
Copyrights © 2023